AMAZON

Sabtu, 26 Mei 2012

Minyak Hazelnut Menutrisi Bayi Prematur


Ingin menambah nutrisi bagi bayi prematur? Cobalah untuk menggunakan minyak dari sejenis kacang bernama hazelnut. Sebab, para ilmuwan belum lama ini telah mengembangkan "desainer lemak" yang sehat untuk ditambahkan ke susu formula. Terutama, agar memberikan nutrisi kunci bagi bayi prematur dalam jumlah tinggi.

Seperti dilansir Zee News, Jumat (25/5), kandungan pada minyak hazelnut juga dapat meningkatkan gizi pada bayi yang diberi susu botol. Sang ilmuwan bernama Casimir Akoh dan rekannya menjelaskan bahwa susu manusia adalah panduan atau "standar emas" untuk merancang susu formula bayi.

Air susu ibu atau ASI yang memiliki asam lemak omega-3 DHA yang sehat (docosahexaenoic acid) dan asam lemak omega-6 ARA (arachidonic acid), yang penting untuk perkembangan otak dan organ lainnya. Kedua kandungan tersebut sangat penting bagi janin khususnya selama periode tiga bulan terakhir kehamilan.

Tapi, bayi prematur tidak mendapatkan paparan penuh DHA dan ARA dalam rahim, karena mereka lahir terlalu cepat. Oleh sebab itu mereka diberikan tambahan susu formula yang mencakup protein, gula dan lemak agar asupan mereka sesuai dengan standar ASI.

Saat ini kandungan DHA dan ARA (dalam bentuk triacylglycerols) dari alga telah ditambahkan ke dalam susu formula, tapi muncul kekhawatiran terhadap daya cerna bayi. Karena asam lemak yang dikandung alga tidak persis sama dengan yang ada di ASI. Tim Akoh yang meneliti cara menemukan kandungan lemak baik dari minyak hazelnut pun menyimpulkan, kandungan minyak hazelnut serupa dengan DHA dan ARA dalam ASI.(TNT/ANS)

Sumber : http://kesehatan.liputan6.com/read/405230/minyak-hazelnut-menutrisi-bayi-prematur

Tidak ada komentar: